banner-1
ONE INFORMASI

INFORMASI TERBAIK AMAN DAN TERPERCAYA

Ribut-Ribut soal ‘Bajingan’, di Jogja Artinya Profesi yang Mulia Loh!

One Informasi --Kata bajingan kini tengah banyak diperbincangkan bahkan menempati trending topic di Twitter. Hal ini lantaran kritikus Rocky Gerung yang melempar pernyataan keras menggunakan kata-kata 'bajingan tolol' yang diduga dialamatkan pada Presiden Jokowi. Namun, tahukah bahwa bajingan punya arti tersendiri bagi warga Daerah Istimewa Yogyakarta?

Arti bajingan di kalangan warga Bantul dan Sleman DIY bukanlah sesuatu yang negatif ataupun kasar. Bajingan merupakan profesi mulia seorang sopir gerobak sapi.

Lebih detilnya, bajingan adalah sopir gerobak yang ditarik dua ekor sapi. Kepada SuaraJogja.id, Pengelola Jodog Karangasem Wisata (Jodogkarta) Tri Iswanto menjelaskan soal arti bajingan dalam bahasa Jawa yaitu "Bagusing Jiwa Angen-Angen Ing Pangeran".

"Kalau dalam Bahasa Jawa maknanya bahwa walau sopir gerobak dahulu kerap bepergian jauh namun harus tetap ingat kepada Tuhan. Pangeran di sini artinya Tuhan," jelas Tri kepada SuaraJogja.id, Rabu (23/2/2022).

Selain itu, sopir gerobak dahulunya harus punya jiwa pemberani. Pasalnya, sering mengangkut barang-barang kebutuhan pokok seperti beras dan hasil bumi.

Lantas jika perjalanan, utamanya pada malam hari sering dihadang begal. Maka harus berani melawannya agar barang-barangnya tidak dirampok.

"Nah jika tidak berani melawan pasti barang bawaannya dirampok. Karena itu, jiwa pemberaninya itu yang disebut bajingan," katanya.

Menurutnya, penggunaan kata bajingan tidak masalah jika dipakai di saat yang tepat. Semisal jika ada sopir gerobak sapi lewat, kemudian ada orang memanggilanya bajingan.

"Sopir gerobak di Jodog, Gilangharjo, Pandak, Bantul tidak mempersoalkan hal itu semisal ada gerobak sapi sedang lewat. Wah bajingan e lewat," papar dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *